Dikira Semburan Lapindo Ternyata Pipa PDAM Zaman Belanda Jebol di Porong

INDONESIASATU.CO.ID:

SIDOARJO - Foto dan video genangan air di Jalan Raya Porong Sidoarjo viral di media sosial sejak Kamis (15/11/2018) siang.

Sejumlah warga khawatir hal itu merupakan semburan atau luberan dari Lumpur Lapindo di Sidoarjo. Maklum, lokasi genangan itu memang berada persis di sebelah tanggul.

Namun, air yang menggenang itu sejatinya adalah air PDAM. Karena pipa yang mengalir di jalan raya itu jebol, air pun meluber di jalan raya penghujung Sidoarjo-Malang tersebut.

"Bukan lumpur, ternyata pipa PDAM Jebol dan airnya meluber ke jalan. Seperti banjir," kata Hambali, seorang warga di lokasi kejadian.

Menurut Syafik saat melintas di sana sekira pukul 13.30 WIB. Dirinya juga mengaku kaget saat melihat ada banyak air di jalan.

"Awalnya juga sempat mengira terkait lumpur. Ternyata kok tidak," lanjut dia.

Sementara dari informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa jebolnya pipa PDAM itu terjadi sekira pukul 12.40 WIB.

Pipa yang bocor itu adalah pipa yang menyambungkan air bersih dari sumber air Umbulan Pasuruan ke sejumlah wilayah di Sidoarjo.

Akibat jebolnya saluran ini, ribuan pelanggan yang dialiri air bersih itu akan terancam terganggu. Di antaranya wilayah Juanda I, Juanda II, Angkatan laut Gendangan, Angkatan Udara Semambung dan Wilayah Kota Sidoarjo.

Namun, persoalan itu bisa diatasi dengan menyuplai lewat air pipa PDAM karang pilang dua.

"Pipa PDAM bocor ini sekitar siang yang mengaliri lima wilayah, tapi bisa disuplai dari karang pilang dua," kata Abdul Manan, seorang Petugas Lapangan PPLS.

Menurut dia, di dalam tanah Jalan Raya Porong itu ada dua pipa terpendam berdiameter 600 inci dan 400 inci. Akan tetapi dari pipa air yang mana yang bocor belum diketahui.

"Kedalaman sekitar empat meter. Hingga sekarang posisi pipa  bocor yang mana kami belum tahu," tutupnya.

Untuk mengatasi persoalan ini, petugas juga sudah berusaha menutup rumah genset di Gempol dan Umbulan. Selain itu beberapa pintu air juga dibuka untuk mengurangi aliran air ke lokasi tersebut.

Hingga sore sekira pukul 15.00 WIB, air dari pipa yang bocor masih terus mengalir ke jalan. Warga yang melintas di jalan  itu pun banyak berkerumun  di lokasi untuk melihatnya, pungkasnya. (oji /kla) 

  • Whatsapp

Index Berita