Kapolres Pessel Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Tour De Singkarak 2019

indonesiasatu, 08 Nov 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Pessel - Kapolres Pesisir Selatan AKBP Cepi Noval, S.ik sebagai pimpinan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Tour De Singkarak, dihalaman kantor Bupati Pesisir Selatan, Jumat, (08/11)

Dalam pelaksanaan apel gelar pasukan Tour De Singkarak, Kasat lantas Iptu Yuliadi, SH.MH sebagai komandan apel dan Kanit patroli Ipda Kiki Aprilia, SH sebagai Perwira Apel.

Hadir dalam apel gelar pasukan Bupati Pessel yang diwakili Sekda, Ketua DPRD, Dandim 0311, Ketua Pengadilan negeri Painan, kepala kejaksaan negeri Painan, para kepala badan dan dinas, para perwira kodim, para perwira Polres, para peserta apel gelar pasukan

Gelar pasukan yang dilaksanakan saat ini merupakan bentuk kesiapan dalam rangka pengamanan Tour De Singkarak 2019 yaitu dalam rangka memberikan pelayanan kepada segenap peserta tour de singkarak, mulai dari para atlit, official panitia pelaksana serta seluruh masyarakat pesisir selatan yang ikut andil dan menyaksikan event dunia ini.

Dalam amanat apel gelar pasukan Tour De Singkarak Kapolres Pessel menyampaikan bahwa Kegiatan Tour De Singkarak merupakan kejuaraan balap sepeda tingkat dunia dan juga merupakan agenda tahunan kementerian parawisata yang bertujuan untuk mempromosikan wisata di Bumi Minang.

Tour De Singkarak 2019 yang diikuti oleh 21 tim dari 26 negara, pelaksanaan Tour De Singkarak 2019 dilaksanakan selama 9 hari dimulai tanggal 2 sampai 10 November 2019.

Khusus untuk diwilayah kabupaten pesisir Selatan, Tour De Singkarak 2019 dilalui 2 kali etape yaitu etape 8 dan etape 9.

Etape 8 ini merupakan rute baru pertama kali dilaksanakan pada event TDS, yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 9 Nopember 2019 sekitar jam 10.00 wib, etape 8 ini cukup unik yaitu rutenya melewati dua propinsi yang berbeda yang mana etape ini star dilapangkan Merdeka Sungai Penuh Propinsi Jambi dan finish di Alun-Alun Taman Spora Painan dengan jarak sejauh 212,9 km.

Khusus dari batas kabupaten kerinci Jambi sampai ke Tapan, rute yang dilewati banyak jalan yang baik dan turun dan tikungan yang cukup tajam dan melewati hutan TNKS.

Personil yang dilibatkan dalam pengamanan etape 8 ini, Polri sebanyak 384, kodim sebanyak 140, Pom TNI sebanyak 1, TNI AL sebanyak 3, Satpol PP sebanyak 144, Dishub sebanyak 80.

Etape 9 dilaksanakan hari Minggu tanggal 10 November 2019 sekira jam 11 wib, menempuh jarak sejauh 107,7 km, star di pantai Carocok Painan dan finish di pantai Cimpago Padang.

Hal hal yang perlu diatensi  etape 9 dalam pengamanan seluruh persimpangan yang ada di dalam kota painan, Salido, Sago, dan pasar baru.

Khusus Tarusan rutenya melalui jalur wisata Mandeh, yang mana jalur ini merupakan baru pertama kali digunakan Tour De Singkarak untuk jalur wisata mandeh, agar ini jadi atensi personil pengamanan, mengigat jalur wisata Mandeh sangat banyak tikungan tajam serta rutenya naik turun yang terjal.

Etape 9 yang dilibatkan sebanyak 563 Personil pengamanan antara lain, polri sebanyak 300, Kodim sebanyak 100, Pom TNI sebanyak 1, TNI AL sebanyak 3, Satpol PP sebanyak 109, Dishub sebanyak 50.

Setelah pelaksana apel gelar pasukan nanti dilanjutkan kegiatan gladi lapangan guna mengetahui kesiapan sarana dan prasarana serta kesiapan personil serta cara bertindak dilapangkan, sehingga personil yang akan melakukan pengamanan mengetahui tugas pokok yang akan dilakukan serta mengetahui titik pengamanannya.

Hal hal yang perlu diatensi dalam pelaksanaan pengamanan TDS yaitu 2 jam sebelum para peserta melewati jalur TDS maka personil pengamanan harus sudah mensterilkan rute baik dari orang atau kendaraan yang masih mempergunakan jalan serta binatang ternak yang mungkin masih berkeliaran di jalanan, karena hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan bagi peserta maupun panitia ikut dalam rombongan balapan tersebut.

Adapun upaya upaya preventif yang harus dilakukan oleh personil pengamanan untuk mengantisipasi agar tidak terjadinya kecelakaan terhadap para atlit dan panitia diantaranya adalah dengan cara menutup semua persimpangan yang menuju rute serta menstop semua mobilitas kendaraan yang akan mempergunakan jalur TDS termasuk mengamankan semua ternak yang mungkin masih berkeliaran di jalur TDS karena tolak ukur dari kesuksesan pengamanan TDS, adalah tidak adanya kecelakaan serta terlaksananya semua tahapan TDS dengan aman dan lancar.

Untuk lebih suksesnya penyelenggaraan pengamanan Tour De Singkarak 2019 khusus etape 8 dan etape 9, Kapolres Pessel memberikan beberapa penekanan sebagai berikut :

1.Dalam pelaksanaan pengamanan, personil harus benar-benar tahu dan paham tempat atau titik-titik pengamanan.
2.Personil pengamanan agar membelakangi objek dan harus paham cara bertindak dilapangkan serta harus paham betul siapa berbuat apa.
3.Dalam melaksanakan pengamanan, personil PAM harus melengkapi dirinya dengan dengan perlengkapan perorangan seperti tongkat polri, Pluit dan alat komunikasi serta perlengkapan lainnya yang dibutuhkan dalam pengamanan jalur TDS.
4.Jaga kekompakan serta sinergitas kita sesama aparatur pemerintah dan personil pengamanan guna suksesnya pelaksanaan TDS 2019.

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami