Seru, Pemilihan Ketua RT di Desa Kutorejo Kertosono Berlangsung Meriah dan Demokratis

INDONESIASATU.CO.ID:

NGANJUK - Pemerintah Kabupaten Nganjuk Kecamatan Kertosono Desa Kutorejo menggelar pesta demokrasi rakyat untuk memilih langsung ketua dan wakil ketua rukun tetangga 08/04 di Jalan Basuki Rahmad No 12 Kertosono, Jum'at (19/10) malam.

Pemilihan itu diikuti dua pasangan calon yaitu pasangan calon nomor 1 Rumiati, nomor 2 Lutfi, Warga menggunakan dana swadaya masyarakat dan dibantu para donator yang tidak mengikat. Untuk menarik para pemilih, panitia pelaksana pemilihan RT yang baru menggantikan pengurus lama yang telah berakhir masa jabatanya dalam pemilihan ini.

Kepala Dusun Desa Kutorejo Rini ketika ditemui wartajatim.co.id mengapresiasi kegiatan pemilihan Ketua RT 08/04 itu. Hal itu membuktikan dukungan warga terhadap lingkungan sangat besar.

"Kehadiran warga lebih antusias bahkan lebih dari hari biasanya. . Hal ini mungkin karena pemilihan ketua RT akan dirasakan langsung warga tiga tahun ke depan," kata Rini yang akrab disapa.

Dia mengatakan, siapa pun nanti yang terpilih melanjutkan kepemimpinan sebelumnya, minimal mempertahankan yang sudah baik sekarang dan akan lebih ditingkatkan. Neneng juga meminta warga di RT 08/04 mendukung Ketua RT terpilih, mengingat semua pasangan calon merupakan orang-orang yang jiwa sosialnya tinggi.

"Seperti kita ketahui, menjadi seorang ketua RT, butuh jiwa sosial yang tinggi karana pemilihan ketua RT ini tidak mempunyai gaji. Hanya diberikan insentif setiap bulan," kata Rini

Melalui pemilihan ketua RT itu, dia meminta pemerintah Kabupaten meningkatkan insentif bagi ketua RT. Ia beralasan RT berperan sangat penting untuk melayani masyarakat dam lingkungan sekitar.

"Kalau bisa nanti kita usulkan insentif atau honor ketua RT lebih ditingkatkan untuk menghargai jasa mereka dalam mengayomi lingkungan. Siapapun yang terpilih, kita harap didukung warga karena ini merupakan hasil dari pemilihan mereka yang dilakukan secara langsung, jujur dan demokrasi," kata dia.

Sementara itu, Endah (55) warga sekitar  mengatakan pemilihan ketua RT yang dilaksanakan mencerminkan pelaksanaan demokrasi paling bawah.

"Saya berharap kinerja RT yang baru lebih maksimal dan lebih kepada mementingkan pemberdayaan masyarakat. Utamanya mendukung program-program di Desa Kutorejo," kata endah yang juga warga RT 08/04 usai mengikuti pemilihan ketua RT.

Usai perhitungan suara, pasangan calon nomor 1. Rumiati memperoleh 5 suara, nomor 2 Lutfi memperoleh 22 suara, dan 1 suara dinyatakan abstain, jadi Jumlah suara sah 27 suara, suara tidak sah 1.

Ketua RT terpilih Lutfi dibanjiri ucapan selamat dari warga, “Selamat atas terpilih nya ketua RT 08/04 yang baru, pesan dan harapan saya semoga ketua RT yang baru bisa membawa RT 08/04 kearah yang ebih baik lagi kedepan nya”, ujar Imam bachori mantan Ketua RT 08/04 yang lama.

“Mari kita dukung program – program Ketua RT baru kita, untuk bahu membahu guna membangun lingkungan RT 08/04, ini tidak ada kelompok-kelompok, semua kita satu, mudah-mudahan guyup dan kebersamaan kita ini tetap terjaga hingga ke generasi selanjutnya”, ungkap pria yang kerap disapa mbah imam

Ketua RT 08/04 yang baru dalam sambutan singkatnya menyampaikan rasa terima kasih nya atas kepercayan yang telah diberikan warga, ini bukan kerja individu tapi kerja kita bersama, bagaimana nanti sesama warga bisa saling suport, saling menguatkan menjaga tali silaturahmi antara sesama. Saya berjanji insyaallah akan menjalankan amanat dengan baik, karena ini saya mohon dukunganya serta bersilaturahmi yang kuat kelak bisa menghasilkan hal yang baik”, ungkap lutfi.

Pemilihan ketua RT secara langsung ini dilakukan oleh RT 08/04 Desa Kutorejo Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk berlangsung meriah dibandingkan tiga tahun lalu.

Reporter : sakera

Editor : kusno lindu aji 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita