Gelar Baksos Kesehatan, Kapolri: Demi Keselamatan Masyarakat 

    Gelar Baksos Kesehatan, Kapolri: Demi Keselamatan Masyarakat 

    SURABAYA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri kegiatan Bakti Sosial Kesehatan di, Jawa Timur (Jatim), Kamis (22/6/2023). Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Bhayangkara ke-77.

    Menurut Sigit kegiatan, Bakti Sosial Kesehatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Mantan Kapolda Banten itu sengaja memilih Jawa Timur, sebagai pusat kegiatan karena ada beberapa hal yang menjadi program unggulan. Salah satunya aplikasi Tanya Dokkes Presisi.

    Aplikasi ini bisa menghubungkan antara masyarakat dan dokter polisi. Sehingga warga bisa langsung berinteraksi apabila membutuhkan pertolongan. 

    "Alhamdulillah ada beberapa rangkaian kegiatan Bakti Sosial Kesehatan yang kita laksanakan hari ini. Mulai dari operasi katarak, bibir sumbing, pelayanan kesehatan umum dan juga masalah stunting yang menjadi perhatian kita semua, " kata Sigit. 

    Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan ini dibarengi dengan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar dan meraih rekor MURI dengan jumlah peserta 38.500 orang. 

    Sigit berharap dengan pelatihan para peserta dapat mengaplikasikannya di tempat masing-masing. Misalnya jika ada anak-anak atau orang yang mengalami gangguan apakah sesak napas atau yang terindikasi jantung bisa dilakukan langkah cepat.

    "Dan Alhamdulillah pelatihan ini diikuti cukup banyak kurang lebih 38.500 peserta dan melampaui rekor sebelumnya. Tapi yang paling penting bahwa kegiatan kali ini menjadi kegiatan yang betul-betul bisa bermanfaat untuk masyarakat khususnya yang menderita penyakit. Demi keselamatan masyarakat yang membutuhkan pertolongan cepat sebelum dirawat ke rumah sakit, " ujar mantan Kabareskrim Polri ini. 

    Lebih jauh Sigit mengungkapkan kegiatan Bakti Sosial Kesehatan ini merupakan bagian dari HUT Bhayangkara ke-77. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jatim serta rekan-rekan media yang telah menyiapkan tempat serta sinergisitas dari seluruh Forkopimda sehingga program  bersama mewujudkan SDM unggul yang menjadi harapan pemerintah betul-betul bisa terwujud.

    Dalam kesempatan tersebut, Kapolri juga melakukan dialog interaktif dengan warga yang ada di beberapa wilayah terkait kegiatan Bakti Sosial Kesehatan. Diantaranya, Ponpes Lirboyo, Jawa Timur. 

    Kemudian, warga di Aula Tribrata Polda Sulut. Masyarakat di RS Bhayangkara Jawa Tengah. Dan perwakilan di RS Bhayangkara Papua. 

    Untuk diketahui, Bakti Kesehatan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 1 sampai dengan 30 Juni 2023. 

    Adapun kegiatan yang dilakukan,  
    sebagai berikut; 

    Donor darah 43.618 orang
    Operasi celah bibir dan lelangit 544 orang 
    Vaksinasi 1.388.420 orang
    Khitanan 7.081 orang
    Operasi Katarak 1.092 orang
    Pengobatan 30.571 orang
    Home Visit terhadap PNPP 1.749 orang
    Bantuan Hidup Dasar 38.500 orang
    Kegiatan lainnya 20.556 orang
    Pencegahan Stunting 6.091 orang.

    surabaya
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Kompolnas Award, Kapolri Serukan Polri Siap...

    Artikel Berikutnya

    Hari Bhayangkara ke – 77 Polri Pecahkan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Puluhan Calon Taruna Akpol 2024 Unjuk Kemampuan di Depan Kapolda Jambi
    Anggota Polsek Tirtajaya Kontrol Keamanan Minimarket melalui Patroli Perekatnya dimalam hari 
    Anggota Polsek Tirtajaya Kontrol Keamanan di Sekolah-sekolah pada malam hari melalui Patroli Prekatnya 
    Patroli Dialogis Kapolsek Lemahabang Bersama Emak-Emak Imbaukan Waspada TPPO
    Bhabinkamtibmas Polsek Tirtajaya melaksanakan Sambang dan Silaturahmi kepada Masyarakat Desa Tambaksari 

    Ikuti Kami