Laboratorium Biomedik dan DNA Pusdokkes Polri Raih Akreditasi ISO/IEC 17025:2017 dari KAN

    Laboratorium Biomedik dan DNA Pusdokkes Polri Raih Akreditasi ISO/IEC 17025:2017 dari KAN

    JAKARTA - Laboratorium Biomedik dan DNA Pusdokkes Polri akhirnya berhasil menyelesaikan 16 temuan oleh Tim Asesment dari Komite Akreditasi Nasonal (KAN) pada 28 Januari 2023 yang lalu.

    Dengan demikian Laboratorium Biomedik dan DNA Pusdokkes Polri mendapatkan akreditasi ISO/IEC 17025:2017 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada bulan April 2023 mendatang.

    Hal tersebut seperti disampaikan oleh Kapusdokkes Polri Irjen. Pol. dr. Asep Hendradiana, Sp.An., KIC., M.Kes saat Rakernis 4 Satker Polri T.A. 2023 di Gedung Rupattama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (24/2).

    “Saat ini kita sedang menunggu proses terakreditasi dari pihak Komite Akreditasi Nasional dalam batas  terpenuhi temuan dalam kurun waktu tiga bulan, ”ujar Irjen dr Asep.

    Masih kata Irjen dr Asep, sebelumnya Laboratorium Biomedik Pusdokkes Polri telah melaksanakan kegiatan akreditasi ISO/IEC 17025:2017 bersama Tim KAN pada bulan November 2022 tahun lalu.

    Kapusdokkes Polri menjelaskan Akreditasi ISO / IEC 17025 : 2017 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) adalah proses penilaian kesesuaian dan penentuan status standar mutu suatu laboratorium berdasarkan kriteria yang dipersyaratkan dalam ISO/IEC 17025:2017 oleh KAN.

    Dengan mendapatkan Akreditasi ISO / IEC 17025 : 2017 ini, lanjut Irjen dr Asep artinya Laboratorium Biomedik dan DNA Pusdokkes Polri juga diakui oleh International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC) terkait standar dan mutunya.

    ISO/IEC 17025 : 2017 itu sendiri kata Irjen dr Asep merupakan suatu pedoman internasional yang diterapkan oleh suatu laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi dalam menjamin mutu hasil pengujian/kalibrasi.

    “Dalam versi 2017 yang terbaru , standar ini memperlihatkan pergeseran paradigma dari pendekatan preskriptif ke pendekatan berbasis kinerja yang secara eksplisit menerapkan sistem manajemen sesuai dengan ISO 9001, ”pungkas Irjen dr Asep.

    Untuk diketahui, Laboratorium Biomedik adalah laboratorium yang dimiliki Polri di bawah Biro Laboratorium Pusdokkes Polri yang melayani pemeriksaan Mikrobiologi, Toksikologi Medik dan Histopatologi serta bertugas membina dan menyelenggarakan kegiatan dukungan operasional di tingkat pusat kewilayahan. Laboratorium Biomedik berlokasi di Jalan Cipinang Baru Raya No 3B Kelurahan Cipinang Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. (*)

    jakarta
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Kejaksaan Agung Periksa 2 Saksi Korupsi...

    Artikel Berikutnya

    Pusjarah Polri Raih Anugerah Purwakalagrha...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Polsek Cibalong Laksanakan Patroli Blue Light Antisipasi Kejahatan Malam Hari
    Anggota Lantas Polsek Bogor Utara Bersama Lantas Polresta Bantu Evakuasi Mobil yang Mengalami Patah As Roda
    Anggota Lantas Polsek Bogor Utara Bersama Lantas Polresta Bantu Evakuasi Mobil yang Mengalami Patah As Roda
    Jaga Harkamtibmas, Polsek Bogor Barat Tingkatkan Patroli
    Jaga Harkamtibmas, Polsek Bogor Barat Tingkatkan Patroli

    Ikuti Kami