MAKI Ungkap Otak Skandal Korupsi Tambang Timah: RBS Diburu, Pejabat dan Pengusaha Terkenal Terjerat

    MAKI Ungkap Otak Skandal Korupsi Tambang Timah: RBS Diburu, Pejabat dan Pengusaha Terkenal Terjerat

    Korupsi-Dalam perkembangan terbaru kasus dugaan korupsi di sektor pertambangan timah, Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) telah mengungkap nama individu dengan inisial RBS, diduga sebagai otak di balik skema korupsi yang melibatkan Harvey Moeis, suami dari selebritas Sandra Dewi, dan Helena Lim. Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, menyerukan agar Kejaksaan Agung segera menetapkan RBS sebagai tersangka.

    “RBS yang selama ini diduga memerintahkan tersangka Harvey Moeis dan Helena Lim untuk memaniplasi uang dari hasil korupsi timah tersebut melalui modus CSR, ” kata Boyamin dalam siaran pers yang diterima wartawan di Jakarta, Kamis (28/3/2024).

    Lebih lanjut, Boyamin menyatakan bahwa RBS, yang juga dikenal dengan inisial RBT, identik dengan PT Rafined Bangka Tin, dan berperan sebagai penerima manfaat utama dari aktivitas penambangan timah ilegal tersebut. Saat ini, RBS dikabarkan telah melarikan diri ke luar negeri, memicu Kejaksaan Agung untuk menerbitkan DPO (Daftar Pencarian Orang) dan meminta bantuan kepolisian untuk mengeluarkan red notice Interpol.

    Dalam penyidikan yang sedang berlangsung, tercatat sudah 16 individu yang ditetapkan sebagai tersangka, termasuk tiga pejabat dari PT Timah Tbk, yang beroperasi antara tahun 2016 hingga 2022. Diantaranya adalah Mochtar Riza Pahlevi Tabrani, mantan Direktur Utama PT Timah Tbk, Emil Emindra, Direktur Keuangan, dan Alwin Albar, Direktur Operasional.

    Baru-baru ini, dua tersangka dari kalangan pengusaha terkenal juga diumumkan oleh Jampidsus, termasuk Helena Lim, yang dikenal sebagai pengusaha sukses dengan julukan crazy rich PIK (Pantai Indah Kapuk), Jakarta Utara. Lim kini ditahan atas perannya sebagai manajer marketing di PT Quantum Skyline Exchange. Kasus ini menarik perhatian publik seiring dengan pengungkapan lebih lanjut mengenai jaringan korupsi di industri penambangan timah.

    korupsi rbs harvey moeis helena lim
    Updates.

    Updates.

    Artikel Sebelumnya

    Latihan Pra Operasi Ketupat 2024, Dirgakkum...

    Artikel Berikutnya

    Liena, SH., MHum Lantik Sylvia Yudhiastika,...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Bhabinkamtibmas Tanah Baru Berikan Himbauan Kepada Security Perumahan TBR
    Patroli QR Polsek Bogor Utara Laksanakan Pemantauan di Jam Rawan Tindak Kriminalitas
    Patroli QR Polsek Bogor Utara Laksanakan Pemantauan di Jam Rawan Tindak Kriminalitas
    Peduli Kaum Rentan, Kapolres Probolinggo Datangi Rumah Balita Korban Kekerasan
    Tidak Tunggu Sampai Terjadi, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kelurahan Bersinergi Kontrol Ronda Warga Binaannya

    Ikuti Kami