Menteri Perhubungan RI Pastikan Kesiapan Bandara Komodo Jelang Kepulangan Delegasi

    Menteri Perhubungan RI Pastikan Kesiapan Bandara Komodo Jelang Kepulangan Delegasi

    JAKARTA - Kementerian Perhubungan RI menyatakan bahwa Bandara Komodo siap melayani dan melancarkan penerbangan VVIP, VIP, maupun penerbangan reguler, saat kepulangan para pemimpin ASEAN dan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Kamis (11/5/2023).

    "Kami terus berkoordinasi intensif dengan berbagai pihak seperti ground handling, keimigrasian, dan pihak terkait lainnya, agar penerbangan pada puncak kepulangan VVIP dan VIP serta delegasi KTT ASEAN besok bisa berjalan lancar, "  tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Labuan Bajo, Rabu (10/5).

    Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Udara, Direktorat Angkutan Udara, sebanyak 12 penerbangan akan membawa para penumpang VVIP dan VIP meninggalkan Labuan Bajo esok hari. 

    Penerbangan ini dijadwalkan akan memberangkatkan delegasi negara Brunei Darusalam, Kamboja, Laos, Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam, Timor Leste, dan Thailand, mulai pagi hari pukul 08.45 WITA hingga sore hari pukul 16.20 WITA. 

    Menhub pun kembali mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan penerbangan reguler dari dan Labuan Bajo, untuk memperhatikan kembali jadwal penerbangan pada puncak kepulangan delegasi besok. 

    Sebagai informasi, pengaturan penerbangan selama penyelenggaraan KTT ASEAN Ke-42 tertuang dalam Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE 6 Tahun 2023 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 Tahun 2023 di Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, yang telah diterbitkan pada 18 April 2023 dan mulai berlaku pada 7 s.d 13 Mei 2023. 

    Pengaturan dilakukan untuk menyeimbangkan dan menjamin pemenuhan aspek keselamatan, keamanan serta kelancaran dari lima jenis penerbangan yaitu: VVIP, VIP, militer, charter, private maupun reguler. 

    Kemenhub juga menyiagakan sebanyak 25 unit mini bus (Hi Ace) beserta awak pengemudi yang dapat digunakan untuk mengantar kepulangan para delegasi dan tim pendukung menuju Bandara Komodo. 

    Bus Shuttle ini telah beroperasi sejak 6 hingga 12 Mei 2023, mulai pukul 06.00 WITA hingga 08.00 WITA, untuk mendukung mobilitas para delegasi, tim pendukung dan Media. 

    Kendaraan ini berkeliling ke bandara dan lokasi-lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN serta hotel tempat menginap para delegasi dengan  waktu kedatangan 10-15 menit sekali.

    jakarta
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    KTT ke-42 ASEAN Perkuat Labuan Bajo Sebagai...

    Artikel Berikutnya

    Keakraban Pemimpin ASEAN di Sela KTT ke-42...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Cegah Kejahtan Di Tengah Masyarakat Polsek Pedes Polres Karawang Patroli Ke Lingkungan Kecamatan
    Silaturahmi dengan Tiga Pilar, Irjen Pol Ahmad Luthfi: Ciptakan Energi Positif 
    Imbauan Cegah Peredaran Dan Penyalahgunaan Obat Terlarang Personel Polsek Lemahabang
    Polsek Pedes Terus Cegah Kejahtan Di Tengah Masyarakat Di Wilayahnya
    Personel Polsek Lemahabang Gelar Patroli KRYD Di Situs Budaya Makam Syekh Quro

    Ikuti Kami