Official Juga Punya Tanggung Jawab Sosialisasikan Keputusan Laga Tanpa Penonton

    Official Juga Punya Tanggung Jawab Sosialisasikan Keputusan Laga Tanpa Penonton

    JAKARTA - Sosialisasi yang massif bahwa pertandingan derby Jawa Tengah PSIS Semarang kontra Persis Sol yang digelar tanpa penonton tak dindahkan. Suporter PSIS ricuh dengan kepolisian di luar stadion Jatidiri Semarang Jumat (17/2/2023). 

    Dari kejadian ini sudah tepat bila laga PSIS versus Persis Solo diputuskan tanpa penonton. "Perkiraan Polrestabes Semarang sebagai pihak penjaga keamanan sudah tepat, jika dipaksakan dengan penonton bisa saja menimbulkan korban, " ujar Pengamat Media yang juga jurnalis olahraga Rahmat Edi Irawan.

    Menurut Dosen Universitas Binus Jakarta, jika pertandingan olahraga diprediksikan akan menimbulkan kericuhan diantara suporter maka laga bisa dilanjutkan tanpa penonton katanya. "Hasil technical meeting juga memutuskan tanpa penonton, jadi kewajiban official juga menyampaikan kepada suporter atas keputusan tersebut, " ujar Rahmat.

    Lebih lanjut kita tidak ingin mengulang peristiwa Kanjurahan. Bahwa pertandingan sepakbola harus menjadi media hiburan bukan mencari permusuhan hingga sampai ada korban.

    Jika para suporter terus saja tidak mengindahkan aturan dan  kesepakatan pertandingan ini berbahaya bagi masa depan persepakbolaan nasional. Marilah kita berkepala dingin, toh jalannya pertandingan masih bisa disaksikan tidak harus datang ke stadion.

    Sebelumnya Polrestabes Semarang sudah mensosialisasikan pertandingan tanpa penonton. Bahkan video pendek yang disebar di Sosial media menjelaskan laga Persis kontra PSIS diputuskan tanpa penonton. (*) 

    jakarta
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Cara Polri Maksimalkan Sistem ETLE dan Cegah...

    Artikel Berikutnya

    Kejaksaan Agung Periksa 5 Orang Saksi korupsi...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Bhabinkamtibmas Polsek Cipatujah Jalin Kedekatan Dengan Masyarakat
    Pastikan Tak Ada Kejahatan, Polsek Cibalong Sambangi Warganya dan Sampaikan Himbauan
    Polsek Nyalindung Gencar Lakukan Patroli Dialogis untuk Cegah Gangguan Kamtibmas
    Tingkatkan Kamtibmas Polsek Beber Polresta Cirebon Sambang Pos Kamling.
    Bhabinkamtibmas Polsek Nyalindung Polres Sukabumi Menjaga Ketertiban dan Keamanan Bersama Warga Desa Cijangkar

    Ikuti Kami