Puslitbang Polri Jalin Kerjasama Dengan BSN Raih ISO 17025

    Puslitbang Polri Jalin Kerjasama Dengan BSN Raih ISO 17025

    JAKARTA - Dalam upaya memperoleh sertifikasi ISO 17025 untuk mendukung tugas di lingkungan Polri, laboratorium persenjataan Puslitbang Polri telah melakukan berbagai langkah, diantaranya kerjasama Puslitbang Polri dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN).

    Hal itu seperti disampaikan oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan ( Puslitbang ) Polri, Brigjen Pol. Drs. Iswyoto Agoeng Lesmana Doeta, M.Si melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (1/3). 

    Baca juga: jambi

    “Kita lakukan penyusunan dokumen sistem manajemen kualitas, implementasi sistem manajemen kualitas, dan audit internal untuk memastikan bahwa persyaratan ISO 17025 terpenuhi, ”kata Brigjen Iswyoto Agoeng.

    Dijelaskan oleh Brigjen Iswyoto Agoeng, untuk meraih ISO 17025 ini, Puslitbang Polri juga bersinergi dengan satuan kerja lainnya diantaranya adalah LSP-Lemdiklat Polri (Pelatihan Asesor Kompetensi Penguji Laboratorium) dan juga PT. Pindad - BUMN (Uji Banding antar Laboratorium).

    Masih kata Brigjen Iswyoto Agoeng, untuk meningkatkan kualitas, keamanan, dan efisiensi produk dan layanan di Indonesia, dalam hal ini Puslitbang Polri mengikuti rangkatan sertifikasi termasuk untuk meraih ISO/IEC 17025.

    “ ISO/IEC 17025 adalah sebuah standar internasional yang mengatur persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi, Jadi dengan meraih ISO/IEC 17025 ini artinya Laboratorium Persenjataan Puslitbang Polri telah berstandar internasional, ” jelas Brigjen Iswyoto Agoeng.

    Pihaknya berharap setelah meraih ISO 17025 ini, Laboratorium Persenjataan Puslitbang Polri akan terus berupaya untuk mendapatkakan ISO 17020.

    “Tentu komitmen kami akan terus berupaya mendapatkan strata atau tingkatan yang lain, yaitu ISO 17020, agar dapat  mendukung tugas di lingkungan Polri sesuai Perkap Nomor 17 tahun 2011 dan Perkap Nomor 8 tahun 2022, ”pungkas Brigjen Iswyoto Agoeng.

    Untuk diketahui, ISO 17020 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk badan inspeksi independen. Standar ini menetapkan persyaratan untuk kompetensi, independensi, objektivitas, dan integritas badan inspeksi dalam melakukan tugas-tugas inspeksi. 

    Sementara itu Laboratorium Persenjataan Puslitbang Polri adalah Laboratorium yang menguji Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan bidang Persenjataan untuk Keamanan dan Ketertiban Masyarakat yang berada dibawa Bagian Laboratorium dan Teknologi Kepolisian Puslitbang Polri. (*)

    jakarta
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Polres Tuban Amankan 13 Terduga Pelaku Pengeroyokan...

    Artikel Berikutnya

    Di Rakornas BNPB, Kapolri Bicara Langkah...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Patroli QR Polsek Bogor Utara Laksanakan KRYD
    Anggota Lantas Polsek Bogor Utara Laksanakan Pengaturan Arus Lalu Lintas di Pagi Hari
    Anggota Lantas Polsek Bogor Utara Laksanakan Pengaturan Arus Lalu Lintas di Pagi Hari
    Bhabinkamtibmas dan Panitia PPS Desa Cibatu Bersatu dalam Persiapan Pilkada
    Polsek Cibalong Laksanakan Patroli Blue Light Antisipasi Kejahatan Malam Hari

    Ikuti Kami