Cara Kompolnas Tingkatkan Kinerja dan Prestasi Personel Polri

    Cara Kompolnas Tingkatkan Kinerja dan Prestasi Personel Polri

    JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kembali menyelenggarakan kompetisi untuk memberikan apresiasi atas kinerja satuan wilayah dan satuan kerja di lingkungan Polri. Kompetisi yang pernah digelar tahun 2022 silam akan diberi tajuk “Kompolnas Awards 2023”.

    Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto mengatakan, Kompolnas Awards merupakan sarana bagi Kompolnas untuk melakukan penilaian kinerja Satwil dan Satker Mabes Polri sesuai dengan tujuan Kompolnas untuk mewujudkan Polri yang profesional dan mandiri.

    Dijelaskannya, bahwa tujuan penyelenggaraan Kompolnas Awards, yang pertama adalah
    untuk memberikan dukungan motivasi bagi Satwil dan Satker Mabes Polri untuk meningkatkan kinerja. Kemudian kedua, untuk membangun rasa percaya diri Satwil dan Satker melalui pemberian apresiasi berupa Kompolnas Awards atas prestasi kinerja.

    Selanjunya ketiga sebagai penyemangat bagi Satwil dan Satker untuk saling berkompetisi menunjukkan prestasi berupa kinerja yang profesional dan mandiri.

    “Pengalaman tahun lalu, penyelenggaraan Kompolnas Awards telah mampu memberikan
    motivasi kepada para personel sehingga satuan wilayah bersemangat untuk terus melakukan kinerja terbaik di tengah kepercayaan publik terhadap Polri yang sempat merosot karena berbagai permasalahan yang muncul di tubuh Polri, ” kata Benny Mamoto di Jakarta, Jumat (31/3/2023).

    Karena itu, tambah Benny, pada tahun
    ini kembali kegiatan ini dilaksanakan dengan berbagai penyempurnaan atas evaluasi tahun lalu, serta adanya penambahaan kategori yaitu penghargaan untuk Satuan Kerja, yang dinilai berkinerja baik untuk mewujudkan Polri yang professional dan mandisi, sesuai kriteria yang telah ditetapkan oleh Kompolnas.

    Dalam penyelenggaraan Kompolnas Awards 2023 ini, berdasarkan masukan dan evaluasi
    atas penyelenggaraan sebelumnya, kompetisi yang dilaksanakan oleh Kompolnas kali ini akan dibagi dalam tiga kelompok.

    Pembagian kelompok itu adalah, pertama Kelompok Satuan Kerja (Satker) dan Unit Kerja di lingkungan Mabes Polti yang melakukan aktivitas pelayanan public.

    Kelompok kedua adalah Satwil di lingkungan Polda yang sebelumnya masuk dalam Polda Tipe A Khusus dan Tipe A. Sedangkan kelompok ketiga adalah Satwil di lingkungan Polda yang sebelumnya masuk dalam Polda Tipe B.

    "Untuk kelompok satu, jumlah Satker dan Unit Kerja yang dinilai dalam kompetisi ini
    berjumlah 65 buah. Sedangkan untuk kelompok dua, terdiri dari 11 Polda, 253 Polres, dan 2887
    Polsek. Untuk kelompok tiga, terdiri dari 23 Polda, 255 Polres, dan 2068 Polsek, " katanya.

    Dengan pembagian tersebut, Benny menuturkan sehingga untuk penyelenggaraan tahun ini, nanti penghargaan Kompolnas Award akan diberikan untuk tujuh penerima, yaitu terbaik kategori Satker/Unit Kerja, serta masing-masing terbaik di kelompok A dan B untuk tingkat Polda, Polres, dan Polsek.

    "Sebagai informasi, tahun 2022 lalu hanya diberikan anugerah untuk tiga terbaik, yaitu tingkat Polda yang dimenangkan oleh Polda Bali, tingkat Polres dimenangkan oleh Polresta Riau, dan tingkat Polsek dimenangkan oleh Polsek Linge (Aceh), " ujarnya.

    Lebih lanjut, Benny mengatakan, untuk penyelenggaraan tahun 2023 ini, indikator penilaian untuk tingkat Polda adalah rasio penyelesaian SKM (saran dan keluhan masyarakat) yang masuk ke Kompolnas; indeks
    transformasi pengawasan; integritas Satwil; kinerja operasional Satwil; manajemen media; indeks transformasi pelayanan publik; respon publik atas kinerja personel; serta kemampuan Satwil dalam pemetaan potensi kerawanan Pemilu/Pilkada Serentak 2024.

    Sedangkan indikator penilaian untuk tingkat Satwil Polres yakni indeks transformasi pengawasan; integritas Satwil; integritas personel; kinerja operasional Satwil; manajemen media; indeks transformasi pelayanan publik; respon publik atas kinerja personel; serta kemampuan Satwil dalam pemetaan potensi kerawanan Pemilu/Pilkada Serentak 2024.

    Sementara untuk indikator penilaian tingkat Polsek adalah integritas personel; kinerja
    operasional Satwil; aktivitas Harkamtibmas; aktivitas perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat; kinerja Bhabinkamtibmas; serta terobosan kreatif Polsek.

    Untuk tingkat Satker dan Unit Kerja Satker, indikator yang dpergunakan untuk penilaian yaitu manajemen perubahan; penataan tata laksana; penataan system manajemen SDM; penguatan akuntabilitas; penguatan pengawasan; dan peningkatan kualitas pelayanan.

    "Juri dalam pelaksanaan Kompolnas Awards 2023 terdiri dari unsur Komisioner Komponas,
    unsur Itwasum, unsur tokoh masyarakat, serta unsur konsultan (Markplus), " katanya.

    Pada penentuan penerima anugerah nantinya akan dilakukan oleh juri bersama dengan pleno Komisioner Kompolnas. Penyerahan anugerah Kompolnas Awards 2023 direncanakan akan dilakukan pada akhir bulan Juni 2023 bersamaan dengan penyelenggaraan Rapat Koordinasi Pengawasan Kompolnas-Polri.

    jakarta
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Kepala UPBU Mosez Kilangin Timika: Kami...

    Artikel Berikutnya

    Polri Putuskan Brigjen Endar Priantoro Tetap...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Hangatnya kehadiran polisi Polsek Cigalontang di tengah-tengah masyarakat
    Hangatnya kehadiran polisi Polsek salopa di tengah-tengah masyarakat
    Tempuh 113 Km, Kapolda Jatim Pastikan Kesiapan Pengamanan Rute Tour de Panderman 2024 Dengan Bersepeda
    Hangatnya kehadiran polisi Polsek Singaparna di tengah-tengah masyarakat
    Hangatnya kehadiran polisi Polsek Leuwisari di tengah-tengah masyarakat

    Ikuti Kami